UKK Imigrasi Musirawas Diresmikan

Sigerindo Musirawas – Sebagai wujud nyata slogan AK5 (Ayo Kerja, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja), Unit Keimigrasian Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Muara Enim di Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas, Senin (29/01/2018) akan diresmikan oleh Direktur Jendral Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM RI, Dr Ronny F. Sompie, SH, MH.

Dengan diresmikannya UKK Imigrasi ini maka untuk pelayanan keimigrasian seperti pembuatan dan pergantian paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu juga, UKK Imigrasi ini juga aka memberikan peelayanan untuk pemberian dan perpanjangan izin tinggal Warga Negara Asing (WNA)yang berada di wilayah Kabupeten Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, Empat Lawang, Pagaralam, Rejang Lebong, Lebong, Surolangun dan Merangin Jambi dan daerah lainnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, Telmaizul Syatri, Minggu, 28/01/2018 di UKK Imigrasi Kelas II Muara Enim di Muara Beliti mengatakan pendirian UKK Imigrasi di Muara Beliti ini untuk menjawab tantangan masyarakat terhadap pelayanan keimigrasian di Kabupaten Musi Rawas dan sekitaranya yang selama ini cukup jauh ke Muara Enim. Dengan berdirinya UKK Imigrasi di Kabupaten Musi Rawas maka tantangan tersebut dapat terjawab dan ini merupakan salah satu bentuk kehadiran Negara dalam melayani masyarakat.

Selain itu, kata Telmizul Kehadiran UKK Imigrasi ini untuk menjawab adanya perusahaan yang memperkerjakan tenaga kerja asing (WNA), sehingga keberadaan WNA ini dapat terus diawasi dan dilayani baik untuk pemberian dan perpanjangan izin tinggal WNA.

Diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim ini, pendiriaan UKK Imigrasi di Musi Rawas  tidak akan terjadi jika tidak didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, untuk itu dirinya memberikan apresiasi dan berterimah kasih atas difasilitasinya baik personil, peralatan maupun tempat sehingga UKK Imigrasi ini akan segera diresmikan dan beroperasi.

Dicerikanan oleh Telmizul, pendirian UKK Imigrasi di Muara Beliti ini berawal dari pihaknya melakukan audiensi kepada Walikota dan Bupati Musi Rawas soal rencana pendirian UKK Imigrasi ini, namun pada saat ini yang langsung menjemput bola adalah Bupati Musi Rawas. Bukti keseriusan Bupati Musi Rawas dengan melaksanakan kunjungan dan beraudiensi kepada Kanwil Kemenkumham RI Sumatera Selatan dan Dirjen Imigrasi pada Agustus 2017 lalu.

Tindaklanjut dari pertemuan tersebut, pada 15 Oktober 2017 dilaksanakanlah penandatangan nota kesepahaman bersama antara Dirjen Imigrasi dengan Pemkab Mura terkait dengan Pendirian UKK Imigrasi di Kabupaten Musi Rawas. Selanjutnya, tidak membutuhkan waktu yang lama, dengan kerja cepat dan cerdas pemkab Mura dan Kantor Imigrasi Muara Enim, Senin, (29/01/2018) UKK Imigrasi Kelas II Muara Enim di Musi Rawas akan diresmikan oleh Direktur Jendral Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM RI, Dr Ronny F. Sompie, SH, MH.

Terkait dengan persiapan peresmian, Pemkab Mura bersama pihak Dirjen Imigrasi dan Kantor Imigrasi Muara Enim telah melakukan pengecekan kesiapan operasional pelayanan. Dan hasilnya saat ini sudah 100 persen sudah siap melakukan pelayanan.

Asisten II Setda Mura, H Syaiful Ibna saat memimpin pertemuan mengungkapkan persiapan pelayanan dan peresmian telah 100 persen, diharapkan dengan diresmikannya UKK Imigrasi ini dapat membantu WNI dan WNA dalam pembuatan dokumen keimigraasian baik paspor maupun izin tinggal bagi WNA yang ada di Kabupaten Musi Rawas dan daerah tetangga lainnya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan menuturkan kehadiran UKK Imigrasi di Musi Rawas merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Mura dan Dirjen Imigrasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, Empat Lawang, Pagaralam, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Surolangun Jmabi dan Merangin Jambi. Bupati mengharapkan dengan berdirinya UKK Imigrasi Kelas II Muara Enim di Musi Rawas ini dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhuhi kebutuhan dokumen keimigrasian.( YZR )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll Up